PULAU BOKOR, CAGAR ALAM DI KEPULAUAN SERIBU


Pulau Bokor adalah pulau cagar alam yang letaknya berada di kepulauan seribu, Pulau ini tidak dihuni oleh manusia namun binatang primata jenis Kera ekor panjang ini sangat banyak dipulau bokor ini. Apabila kita sampai di pulau bokor ini biasanya kita akan disambut oleh kera-kera ini. walaupun dipulau ini sangat banyak spesies binatang seperti, Sisik (Kura-Kura), Biawak, kadal, dan Burung dari berbagai jenis karena letaknya memang berdekatan dengan pulau rambut sedangkan untuk jenis-jenis pohon yang tumbuh di kawasan Cagar Alam Pulau Bokor adalah jenis-jenis pohon pantai seperti Kepuh, Ketapang, Asam, Melinjo dan  bakau. Letak geografis kawasan Cagar Alam Pulau Bokor terletak sejajar dengan Pulau Rambut yaitu sebelah barat dengan jarak kurang lebih 3,5 mil laut, secara administratif termasuk kedalam wilayah Kelurahan Pulau Lancang.
Kawasan ini merupakan pulau tak berpayau dengan pantai berpasir putih. 

Menurut Undang-undang No.5 Tahun 1990 tentang Konservasi Suber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya, Cagar Alam adalah kawasan suaka alam karena keadaan alamnya mempunyai kekhasan tunbuhan, satwa, dan ekosistemnya atau ekosistem tertentu yang perlu dilindungi dan perkembangannya berlangsung secara alami Di wilayah kerja Balai Konservasi Sumber Daya Aam DKI Jakarta terdapat kawasan Cagar Alam yakni Pulau Bokor, kawasan ini ditetapkan sebagai Cagar Alam berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Jenderal Hindia Belanda Nomor : 7 tanggal 3 Mei 1939 (staadblad 245) dengan luas 18 Ha.

Kawasan Cagar Alam Pulau Bokor ini juga banyak dihuni oleh burung-burung air, Karena jaraknya relatif berdekatan dengan kawasan Suaka Margasatwa Pulau Rambut  sedangkan satwa yang banyak dijumpai dipulau bokor ini adalah satwa primata jenis Kera Ekor Panjang sebagai satwa introduksi.
memang tidak ada transportasi umum untuk menuju pulau bokor ini dan tidak ada penginapan untuk bisa kepulau bokor ini biasanya wisatawan pergi kepulau terdekat terlebih dahulu yaitu pulau lancang, dan dari pulau lancang ini kita menyewa kapal traditional warga pulau lancang.
--Rafik--

5 komentar:

Unknown mengatakan...

IJIN ISEP GAN ....

Unknown mengatakan...

ijin copy gan ....

Unknown mengatakan...

ijin copy gan...

bangbobby mengatakan...

oke silahkan

bangbobby mengatakan...

oke silahkan